Panduan Singkat Cara Budidaya dan Panen Rumput Setaria (Setaris spachelata)

Sumber Hijauan Pakan Ternak (Sapi) Unggul, Jenis Rumput Setaria sp, Ini Cara Menanam, Merawat dan Panen Yang Baik
Rumput ini berasal dari Afrika tropic dan memiliki siklus hidup parenial. Sering disebut dengan rumput Golden Timothy atau Setaria spacelata.
Salah satu rumput unggulan yang sangat baik ditanam didaerah-daerah yang sulit sumber air adalah rumput Setaria (Setaris spachelata).

Hijauan Pakan Ternak (HMT) adalah pakan yang wajib ada jika kita akan beternak atau merawat dan menggemukkan ternak jenis ruminansia seperti sapi, kambing dan domba. Ternak jenis ruminansia sangat memerlukan serat kasar untuk proses pencernaannya agar bisa berlangsung dengan baik. Dan salah satu sumber serat kasar terbaik adalah berasal dari hijauan jenis rumput.
Setidaknya terdapat sekitar 100 spesies rumput setaria salah satunya adalah S. sphacelata dan var. splendida.
Bagaimana cara sederhana menanam rumput setaria, apa keunggulan dan kelebihan jenis rumput ini dan bagaimana cara panen rumput setaria yang baik? Silahkan simak informasi singkat mengenai budidaya rumput setaria dibawah ini.

Setaria (Setaria spachelata)

Klasifikasi Rumput Setaria

Phylum          :    Spermatophyta
Sub phylum   :    Angiospermae
Class             :    Monocotyl
Ordo             :    Glumiflora
Family           :    Graminae
Sub Family    :    Panicoldea
Genus            :    Setaria
Spesies          :    Sphacelata
Rumput ini berasal dari Afrika tropic dan memiliki siklus hidup parenial. Sering disebut dengan rumput Golden Timothy atau Setaria spacelata. Setidaknya terdapat sekitar 100 spesies rumput setaria salah satunya adalah S. sphacelata dan var. splendida. Mudah tumbuh di daerah dengan ketinggian antara 1000 – 3000 meter dpl dengan curah hujan sekitar 750 -1000 mm
 
Banyak keunggulan yang dimiliki rumput setaria ini, antara lain:
  • Bisa dan mudah tumbuh pada berbagai jenis tanah
  • Rumput setaria tahan terhadap genangan air dan juga kekeringan
  • Berumpun lebat, tinggi mencapai 2 meter
Sedangkan ciri-ciri atau penampilan fisik  rumput setaria:
  • Berdaun halus lebar dan lembut, berwarna hijau gelap
  • Berbatang lunak dengan warna merah keungu-unguan
  • Pangkal batang pipih
  • Pelepah daun pada pangkal batang tersusun seperti kipas
Kandungan Nutrisi rumput Setaria spachelata
  • Protein Kasar (PK) 8,3%
  • Serat Kasar (SK) 32,5%
  • Ekstrak Eter (EE) 2,8%
  • Bahan Ekstrak Tanpa Nitrogen (BETN) 44,8%
Potensi hasil panen rumput setaria dapat mencapai 80 - 100 ton rumput segar/Hektar/Tahun.

Rumput Setaria

Cara Budidaya rumput Setaria:
  1. Penggemburan atau pengolahan tanah
  2. Tambahkan pupuk dasar dengan pupuk kandang/kompos dengan dosis 3 - 4 ton/hektar, taburkan pupuk kompos tersebut secara merata pada lahan yang telah gembur.
  3. Membuat bedengan atau guludan
  4. Membuat lubang tanam dengan jarak tanam 40 x 50 cm
  5. Penanaman bibit dengan perbanyakan benih rumput menggunakan sobekan rumpun/pols. Daun atas dipotong atau dikurangi untuk menghindari/mengurangi penguapan yang berlebihan
  6. Pemupukan lanjutan dengan pupuk urea yaitu dilakukan pada saat tanaman berumur lebih kurang 2 minggu dengan dosis 75 kg/ha. Pemupukan lanjutan berikutnya dilakukan setiap 2 bulan sekali dengan dosis 50 kg/ha.
  7. Pemanenan rumput setaria dapat dilakukan pada saat tanaman sudah berumur 35 - 40 hari dengan cara tinggi pemotongan antara 10 - 15 cm dari permukaan tanah. Tujuan dari pemotongan ini selain untuk memanen hasil juga untuk memperbanyak anakan baru dari rumpun induk.
  8. Catatan: Pemotongan rumput yang terlalu rendah mengakibatkan  cadangan makanan pada batang berkurang/sedikit sehingga bisa menghambat pertumbuhan kembali rumput setaria dan ini bisa mengganggu kelangsungan atau keberhasilan panen berikutnya.
Hijauan Pakan Ternak (HMT) adalah jenis pakan yang wajib ada jika kita akan beternak atau merawat dan menggemukkan ternak jenis ruminansia seperti sapi, kambing dan domba. Ternak jenis ruminansia sangat memerlukan serat kasar untuk proses pencernaannya agar bisa berlangsung dengan baik. Dan salah satu sumber serat kasar terbaik adalah berasal dari hijauan jenis rumput.
Untuk daerah-daerah yang sedikit sumber air, rumput setaria ini bisa dijadikan andalan saat musim kemarau karena sifatnya yang tahan terhadap kekeringan. Demikian juga untuk daerah yang sering tergenang air, rumput setaria ini juga tahan terhadap genangan. Inilah keunggulan utama rumput setaria yang mudah tumbuh diberbagai kondisi tanah baik kering maupun basah. Dengan hasil sampai 100 ton/ha/tahun maka sangat layak rumput ini untuk dibudidayakan. 


Blog, Updated at: 19:43:00