Harga Pedet dan Sapi Lokal Terbaru 2020 Setelah Lebaran Haji


Info saat ini harga sapi lokal yang beredar dipasar hewan setelah idul adha mengalami penurunan. Hal ini seperti menjadi kebalikan dari tahun sebelumnya 2019 dimana setelah hari raya kurban harga dipasar cenderung terus naik.

Penyebab turunnya harga disinyalir adalah adanya pandemi covid 19 yang mengakibatkan penurunan permintaan akan daging sapi. Selain itu juga turunnya permintaan sapi kurban dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Turunnya daya beli masyarakat menjadi faktor utama penurunan harga sapi di pasar hewan tersebut.


Rata-rata penurunan harga sapi untuk sapi lokal siap potong berkisar antara 1 juta hingga 2 juta rupiah per ekornya. Hal ini diprediksi akan terus berlangsung selama pandemi covod 19 belum berakhir.

 Berapa harga sapi lokal saat ini?

Untuk harga sapi potong jenis limousin dan simental per kg berat hidupnya berkisar antara Rp 42.000 - Rp 44.000, tergantung dari kualitas sapinya. Ini adalah untuk harga sapi jantan. Sedangkan harga sapi yang betina jauh lebih murah lagi apalagi yang bekas indukan. Harga sapi lokal betina secara umum masih dibawah Rp 40.000 per kg, bahkan untuk yang cow atau eks induk harga hanya berkisar Rp 36.000 - Rp 37.000 per kg.

Untuk harga sapi lokal jenis PO agak dibawah jenis limousin dan simental, selisih harga bisa sampai 1 juta per ekor tergantung juga dengan kualitas sapi PO nya.

Harga yang paling murah ada pada sapi FH jantan berkisar antara Rp 41.000 - Rp 42.000 per kgnya.

Bagaimana dengan harga pedetan?

Untuk harga pedetan jenis PO lepas sapi umur sekitar 4 bulan, kisaran harga antara 7 juta hingga 8 jutaan untuk yang jantan. Sedngkan harga pedetan jenis metal dan limousin lepas sapih berkisar antara Rp 9 jutaan hingga 12 jutaan tergantung dari kualitas pedetnya.

Harga pedet jenis brahman lepas sapih berkisar antara Rp 10 juta hingga 11 jutaan, untuk yang berkualitas super harga bisa lebih tinggi mencapai 12 jutaan.

Harga daging sapi segar setelah idul adha masih berkisar antara 100 ribu hingga 120 ribu per kg, sementara harga karkasan berkisar antara 82 ribu hingga 86 ribu per kg.


Blog, Updated at: 00:49:00