Tips Cara Merawat Anggrek Agar Cepat Berbunga

Tips Agar Tanaman Anggrek Cepat Berbunga
Cara memacu pertumbuhan bunga dan pembesaran tanaman Anggrek bisa juga menggunakan fitohormon seperti auksin atau sitokinin. Pemberian fitohormon tidak boleh berlebihan karena malah bisa menghambat atau merusak pertumbuhannya. Takarannya sangat sedikit, 0,25 mg per liter air
Anggrek sejatinya adalah tanaman liar yang banyak hidup menumpang di pohon-pohon besar dalam kegelapan hutan tropis. Tetapi karena keindahan bunganya yang sangat menarik perhatian pecinta tanaman bunga, anggrek sudah banyak sekali dibudidayakan baik secara skala kecil (rumah tangga) maupun skala komersial). Jadi anggrek yang banyak beredar di pasaran saat ini adalah anggrek hasil penangkaran atau budidaya sehingga dijamin tidak merusak habitat aslinya di hutan. Aneka warna-warni dan bentuk bunganya yang indah membuat anggrek tidak pernah kehilangan pesonanya. Ketika tren tanaman hias bunga dan daun beberapa tahun lalu ngetren, anggrek tetap masuk dalam jenis tanaman hias yang paling populer sampai sekarang.
Cara pemupukan anggrek sebaiknya dilakukan secara tepat sesuai umur dan masa tanaman berkembang dengan pupuk yang tepat. Anggrek yang biasa dibeli di bursa tanaman hias tentu tanaman dewasa. Tinggal perawatan dan perhatikan pemupukannya untuk memacu bunganya.
Dalam kondisi ideal, anggrek bisa berbunga penuh dalam tangkai yang cukup panjang. Bahkan di halaman rumah pun ia bisa memamerkan kecantikan bunganya sepanjang musim.

Anggrek menyukai udara semilir untuk tumbuh dan berbunga. Karena itu, pastikan penempatannya memungkinkan sirkulasi udara yang lancar. Pada umumnya arah tumbuh bunga akan mengikuti dari mana arah sinar matahari datang.
Pemulia tanaman pun berlomba menyilangkan untuk menghasilkan bunga yang lebih indah dengan berbagai kombinasi. Terciptalah anggrek bulan dengan sejumlah kombinasi warna.
Tanaman Bunga Anggrek Bulan



Meski mudah hidup di mana saja, anggrek bulan perlu penyiraman optimal, tidak berlebihan dan tidak kekurangan. Lakukan pengontrolan pada bekas siraman pada tanaman karena butiran air yang menempel kerap menjadi biang tumbuhnya cendawan. Sesekali, lakukan penyiraman secara total dengan membasahi semua bagian tanaman hingga basah. Penyiraman yang baik dilakukan pagi hari pukul tujuh hingga delapan dan sore pukul empat sampai lima. Bila hujan, cukup sekali pada pagi hari.
Tips Agar Anggrek Rajin Berbunga: Pilih bibit unggul, rawat dengan tekun, pemupukan dan tempatkan pada lingkungan yang sesuai.
Cara pemupukan anggrek sebaiknya dilakukan secara tepat sesuai umur dan masa tanaman berkembang dengan pupuk yang tepat. Anggrek yang biasa dibeli di bursa tanaman hias tentu tanaman dewasa. Tinggal perawatan dan perhatikan pemupukannya untuk memacu bunganya.

Untuk tanaman dewasa tersebut, sebaiknya dipupuk NPK yang kandungan fosfornya tinggi, rasionya 10 : 60 : 10. Sesekali kombinasikan dengan NPK seimbang. “Unsur P, selain untuk pertumbuhan, sangat penting buat merangsang pembungaan,”.
Pemupukan NPK cukup sekali seminggu dengan ratio disesuaikan kebutuhan dan pertumbuhan tanamannya. Bisa juga diselingi pupuk perangsang bunga yang banyak dijual gerai sarana pertanian.

Metode pemupukan yang baik dengan cara melarutkan pupuk satu sendok teh ke dalam 4 liter air, lalu semprotkan ke daun. Keistimewaan anggrek ini daunnya bisa menyerap air dan garam yang terlarut di dalamnya. “Karena itu, sebaiknya pemupukan dilakukan pada saat stomata daun membuka lebar. Pagi jam tujuh sampai sembilan dan sore hari jam empat sampai setengah lima.

Saat anggrek siap berbunga, gunakan hormon giberelin. Apabila sulit memperoleh hormon ini, bisa menggunakan vetsin atau mono sodium glutamate (MSG) yang dilarutkan dalam air. Memang, banyak cara pembungaan, beberapa hal perlu diperhatikan agar anggrek rajin berbunga adalah menggabungkan bibit unggul, ketekunan, lingkungan yang tepat dan cara merawatnya.


Blog, Updated at: 21:43:00