Benarkah Makan Mie Instan Campur Nasi Berbahaya?

Belakangan ini ada viral artikel yang menyebutkan bahaya makan mie dicampur dengan nasi. Benarkah demikian?

Mie dan nasi adalah sama-sama sumber karbohidrat. Nasi adalah makanan pokok sebagian besar masyarakat di negara kita sedangkan mie adalah makanan pokok disebagian negara asia seperti china misalnya.

Adakah yang salah mencampur mie dengan nasi? Mereka kan sama-sama sumber karbohidrat?

Yang perlu dicermati adalah bukan masalah mencampur mie dengan nasinya tetapi jumlah campuran mie dengan nasi yang dikonsumsi.

Anda tentu kenal istilah kuliner nasi goreng mawut yaitu nasi campur mie yang digoreng bersamaan. Nasi mawut ini banyak penggemarnya dan sejauh ini mereka aman-aman saja dari segi kesehatan padahal mereka sering makan mie campur nasi yang berupa nasi goreng mawut.

Jadi sepertinya yang dimaksud artikel tentang bahaya makan nasi campur mie adalah jika jumlahnya berlebihan sehingga jumlah karbohidrat yang masuk dalam tubuh jadi berlebihan. Efek negatif karbohidrat yang berlebihan dalam tubuh bisa memicu obesitas dan mengundang penyakit degeneratif seperti diabetes dan sakit jantung.

Kesimpulannya janganlah berlebihan mengonsumsi makanan apapun jenisnya karena semua yang berlebihan akan memberikan efek negatif bagi tubuh. Jadi benar jika makan mie campur nasi bisa membahayakan kesehatan jika berlebihan. Silahkan anda koreksi jika salah dengan menulis koreksi anda di kolom komentar dibawah ini. Semoga bermanfaat.


Blog, Updated at: 06:33:00