JENIS SAPI PEGON SUPER JUMBO HARGA 25 JUTAAN, Begini Penampakannya!! || Sapi ...

Apa Itu Sapi Pegon?

Dipasar hewan atau pasar sapi, istilah sapi pegon sudah sangat populer dan biasa digunakan oleh jagal, blantik, peternak maupun pedagang sapi untuk menyebut jenis sapi tertentu.

Tidak diketahui dari mana asal mula sebutan pegon itu pertama kali muncul. Yang jelas saat ini ada satu jenis sapi khusus yang disebut pegon oleh pelaku peternakan sapi lokal. Lantas apa sebenarnya yang dimaksud sapi pegon tersebut?
Ternyata berdasarkan berbagai sumber informasi, sebutan pegon dialamatkan pada sapi yang memiliki darah campuran atau sapi silangan yang tidak mirip salah satu jenis yang dikawinsilangkan tersebut.

Sebagai contoh ada indukan sapi PO yang di inseminasi buatan dengan semen limousin tetapi ketika anaknya lahir tidak mirip limousin tetapi juga tidak mirip PO melainkan berdarah campuran antara PO dan Limousin.

Hal ini juga berlaku untuk persilangan antara sapi Bali dan Limousin atau Simental, kemudian antara sapi Madura dengan limo dan sime, asal pedetnya tidak mirip salah satu orang tuanya entah mirip induknya atau pejantannya tetap berdarah campuran maka sapi tersebut sudah layak disebut sapi pegon.

Dipasar hewan sapi pegon kurang disukai peternak jika dibandingkan dengan jenis limousin maupun sapi metal karena dianggap pertumbuhannya kalaj jika dibandingkan dengan sapi metal. Tetapi jika kita menemukan sapi pegon yang benar-benar berkualitas super ternyata pertumbuhan berat badannya bisa sangat bagus dan bisa menjadi sapi jumbo dengan harga 25 juta hingga 27 jutaan.

Bahkan pegon ini bisa dikembangkan hingga berat 800 kg lebih dan dihargai sekitar 40 jutaan per ekornya.

Seperti apa penampakan sapi pegon tersebut? Simak video tentang sapi pegon diawal artikel ini......


Blog, Updated at: 05:07:00