Jenis-jenis Pakan Burung Berkicau, Hewani dan Nabati

Macam-macam Jenis Pakan Untuk Burung Berkicau Baik Yang Nabati Maupun Hewani
Salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas kicauan seekor burung kicau adalah faktor pakan yang bagus. Ada jenis-jenis pakan tertentu yang sangat dianjurkan karena bisa meningkatkan performa kicauan burung.
Ada dua kelompok besar jenis dan macan bahan pakan untuk burung berkicau. Dua kelompok tersebut adalah pakan burung berkicau yang bersumber dari hewan (pakan hewani) dan pakan burung berkicau yang berasal dari tumbuhan (pakan nabati). Apa saja jenis pakan yang dimaksud? Silakan simak yang dibawah ini.

Macam dan Jenis Pakan Burung Berasal Dari Hewani
Pakan burung berkicau yang berasal dari hewan kecil dan serangga antara lain kroto, cacing, ulat, jangkrik, belalang , telur dll.
Kroto, Pakan Burung Asal Hewani Yang Sangat Populer
Mereka yang baru menggeluti hobi burung berkicau mungkin kurang begitu paham dengan jenis pakan burung yang bernama kroto ini, padahal dikalangan pecinta burung kicau pakan ini sudah sangat populer dan sudah banyak dibudidayakan selain beberapa penjual mengambilnya langsung dari pohon di alam bebas. Pengertian atau istilah Kroto sendiri merupakan larva semut ataupun semut rangrang (Oecophylla smaragdina) yang banyak digemari oleh burung - burung pemakan serangga, seperti Jalak, Kutilang, Beo, dan Poksai. Ada bermacam- macam kroto, yaitu :

Kroto Basah
Jenis Kroto basah merupakan makanan yang paling banyak disukai burung. kroto jenis ini merupakan larva semut rangrang yang masih baru, yaitu mempunyai kandungan air tertinggi (78,72%), mudah sekali busuk, kalau tanpa pengawetan biasanya cuma bertahan satu hari.

Cara penyimpanan kroto basah sebaiknya didalam lemari pendingin dan dibungkus dengan kertas dulu agar air terserap kertas. kalau dalam lemari pendingin bisa bertahan tiga hari. Kroto basah mempunyai kandungan gizi yang terbaik, terutama protein, yaitu 47,80%.

Kroto Halus
Istilah kroto halus untuk menyebut pakan burung asal hewani yang berupa semut - semut pekerja, kecil dan besar. Tanpa pengawetan kroto ini bisa bertahan hingga seminggu, jenis ini paling tidak disukai burung.

Kroto Kasar
Lain halnya dengan kroto kasar digunakan untuk menyebutkan pakan burung kicau yang berupa induk semut ratu dan semut jantan. jenis kroto ini juga bisa bertahan selama seminggu.

Kroto kacang
Ada satu jenis lagi yang sebenarnya merupakan mixed feed atau pakan burung campuran (kombinasi) yang sering disebut dengan istilah kroto kacang. Kroto jenis (kroto kacang) ini merupakan campuran dari ketiga kroto, yaitu kroto basah, kroto halus, dan kroto kasar,ditambah pakan lain, seperti kacang, jagung, padi,dedak, voer dan beras ketan.
Kroto ini bertahan seminggu tanpa pengawetan. dibanding yang lain kandungan lemak pada kroto ini paling tinggi, yaitu (17,07%).
Serangga Dan Ulat
Kebanyakan dari burung kicau merupakan pemakan dan serangga, serangga yang banyak dijual dipasaran dan digunakan sebagai pakan burung kicau adalah jangkrik (Gryllus mitratus), ulat hongkong, ulat bambu dan ulat kandang.

Telur ayam
Sumber protein yang sangat bagus untuk anakan burung adalah telur rebus. Telur ayam yang direbus bisa diberikan untuk pakan burung, terutama burung - burung anakan.


Berbagai Jenis Cacing
Cacing adalah pakan alami beberapa jenis burung kicau. Beberapa macam cacing sudah dibudidayakan sehingga mudah mencari dan membelinya. Beberapa jenis cacing yang baik untuk burung kicau adalah :

Cacing Kristal atau cacing merah, Cacing Bayam (eisenia sp), Cacing Tanah ( lumbricus terestris), Cacing Fosfor (lumbricus sp)

Jenis Pakan burung berasal dari nabati
Macamnya antara lain: pepaya, dan pisang kepok, selain itu ada jenis buah lain yang disukai burung, yaitu buni, kersen (ceri), salam, beringin, dan buah palem. sayuran yang disukai seperti wortel, sawi putih, kangkung, taoge.selada air, oyong, biji-bijian yang disukai seperti milet, jewawut, kenari biji, beras ketan hitam, jagung kering, gabah, beras merah, kacang hijau, pellet dll.
Pakan burung dari nabati dapat berupa sayuran, buah-buahan dan biji- bijian.

Buah - buahan
Buah-buahan merupakan pakan sumber vitamin yang sangat bagus bagi burung berkicau. Pilihlah buah yang matang pohon dan jangan yang matang karena di karbit. Diantara banyak buah, biasanya buah yang banyak disukai adalah pepaya, dan pisang kepok, selain itu ada jenis buah lain yang disukai burung, yaitu buni, kersen (ceri), salam, beringin, dan buah palem.

Sayuran
Sumber vitamin dan serat lainnya yang sangat bagus untuk pakan burung kicau adalah sayur. Sayuran biasanya diberikan pada burung, khususnya suku ayam hias ( Phasianidae),seperti merak, puyuh dll.sayuran ini juga disukai oleh burung kakatua, parkit dan kenari. Biasanya sayur- syuran yang bisa diberikan, yaitu, wortel, sawi putih, kangkung, taoge.selada air, oyong.

Biji - bijian.
Biji-bijian merupakan pakan alami burung terutama bagi jenis burung berkicau yang pada umumnya memang pemakan bijian disamping buah-buahan dan serangga kecil atau hewan-hewan kecil seperti semut, jangkrik dan cacing serta siput. Ada dua macam biji - bijian yang biasa menjadi makanan burung kicau yaitu :

Bijian Halus : milet, jewawut, kenari biji, beras ketan hitam, pellet (voer) 511. biasanya disukai oleh burung perkutut, love bird, kakatua kelabu australia.

Biji - bijian kasar : Seperti, jagung kering, gabah, beras merah, kacang hijau, pellet (voer) 521. biasanya disukai oleh burung dari keluarga ayam hias, seperti ayam hutan,kuau, burung puter dan terkukur.

#Tags: jenis dan macam Pakan burung berkicau, gacor, kicau burung, kroto, cacing, pakan bagus untuk burung, pakan kenari, lovebird.


Blog, Updated at: 19:54:00