Burung Bondol Taruk, Akrab Dengan Habitat Manusia

Jenis Burung Bondol Taruk (Lonchura molucca).
Bondol Taruk dikategorikan beresiko rendah (Least Concern=kurang mengkhawatirkan) oleh IUCN. Burung ini tidak termasuk dalam Appendiks CITES dan tidak masuk dalam daftar spesies fauna yang dilindungi di Indonesia.
Bondol Taruk (Suku Estrildidae) berukuran kecil (11 cm.) berwarna coklat. Perut dan tunggir putih dengan garis-garis melintang hitam (atau coklat) yang rapat. Tengkuk dan punggung coklat terang; sayap dan ekor coklat tua. Dahi, mahkota, tenggorokan, dan dada coklat kehitaman. Iris coklat; paruh dan kaki abu-abu.

Jenis burung pipit / bondol yang sering bergerombol di area persawahan memang saat ini dianggap hama oleh para petani. Hal ini tentunya karena burung pipit akan menyantap bulir-bulir pada yang mulai menguning dan petani menganggap panen akan berkurang jika burung ini dibiarkan hinggap dan memakan tanaman padi yang siap panen.

Mudah dijumpai di daerah berumput sekunder, mulai dari tepi jalan, lahan budidaya, sawah, daerah terbuka, dan di sekitar permukiman termasuk di taman-taman kota. Di Pulau-pulau kecil hanya ditemukan di dataran rendah, namun di Pulau Sulawesi bisa ditemukan sampai ketinggian 1000 mdpl.
Di Indonesia tercatat puluhan jenis burung pipit. Beberapa jenis diantaranya adalah Pipit Benggala (Amandava amandava), Bondol-hijau Dada Merah (Erythrura Hyperythra), Bondol-hijau Papua (Erythrura papuana), Bondol-hijau Binglis (Erythrura prasina), Bondol-hijau Muka-biru (Erythrura trichroa), dan Bondol-hijau Triwarna (Erythrura tricolor).
Endemik Indonesia. Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara, Jawa (hanya di Pulau Kangean), Bali (hanya di Pulau Nusa Penida). Terdiri atas 2 sub-spesies dengan daerah persebaran: molucca ( Linnaeus, 1766) – Kep. Talaud, Sangihe, Siau, Ruang, Sulawesi (ke Selatan sampai Kalao, Kalaotoa dan Tukangbesi), Kep. Sula, dan Maluku dari Morotai dan Halmahera ke Selatan sampai Buru, Seram, Tayandu dan Kai. propinqua ( Sharpe, 1890) – Kep. Kangean, Lembongan dan Nusa Penida (di Selatan P. Bali), Sumbawa, Komodo, Sumba, Flores, Paloe, Besar, Adonara, Pantar, Alor, Timor and Tanimbar).


Blog, Updated at: 18:38:00