Proses Sapi Melahirkan / Beranak Dibantu Dengan Alat Calf Puller || Begi...

Cara Membantu Induk Sapi Yang Kesulitan Melahirkan

Banyak penyebab induk sapi mengalami distoxia atau sulit melahirkan. Ada penyebab dari faktor eksternal dan juga faktor internal.

Sering kali sapi susah melahirkan karena ukuran pedetnya ysng terlalu besar. Terkadang ada peternak yang tidak memikirkan bahaya saat meminta IB semen sapi jenis besar ke indukan sapi tipe kecil seperti semen Limousin atau simental ke indukan sapi Madura atau Bali. Hal ini bisa mengakibatkan kesulitan melahirkan karena ukuran pedet yang terlalu besar tidak sebanding dengan indukan yang kecil.
Faktor lain penyebab distoxia adalah ukuran induk yang terlalu gemuk. Saat induk bunting dan pakan tidak terkontrol bisa mengakibatkan induk kegemukan dan bisa membuat masalah saat melahirkan.

Tentunya peternak wajib membantu induk yang susah melahirkan tersebut dengan berusaha menarik pedetnya keluar bahkan jika tidak bisa ditarik maka opsi bedah cesar bisa dianjurkan untuk dilakukan.

Ada satu alat yang bisa dimanfaatkan untuk menarik pedet yang susah keluar saat mau lahir, namanya calf puller dan bentuk alatnya ada dibawah ini, untuk menggunakannya silakan simak divideo yang ada pada awal artikel ini.


Blog, Updated at: 02:45:00