Burung Paruh Kodok, Jenis Burung Malam Berwajah Mirip Kodok

Burung Paruh Kodok, Jenis Pemakan Serangga dan Vertebrata Kecil Serta Katak dan Tikus Kecil
Makanan utama burung paruh kodok selain serangga, burung ini juga memangsa tikus kecil, katak dan vertebrata kecil lainnya. Mangsa seperti ini biasanya akan dilumpuhkan dengan cara dibenturkan terlebih dahulu ke bebatuan.
Jenis Burung Paruh Kodok termasuk jenis burung malam (nokturnal) yang tersebar di India, Asia Tenggara hingga Australia. Dalam bahasa Inggris, burung ini disebut Frogmouth karena bentuk paruh dan kepalanya menyerupai kepala seekor Kodok.

Pada siang hari, burung ini akan tidur dengan bertengger di atas cabang dan ranting. Burung ini tak pandai terbang sehingga harus mengandalkan warna bulu yang kusam (coklat atau keabu-abuan) agar tersamar dan tak mudah dilihat pemangsa.
Paruh-kodok adalah sekumpulan burung nokturnal yang berhubungan dengan cabak. Mereka ditemukan dari Subkontinen India menuju Asia Tenggara hingga Australia. (Wikipedia)

Paruh Kodok Marmer Podargus ocellatus dan Paruh Kodok Srilangka Batrachostomus miniliger. Sumber: Arkive.

Untuk menangkap serangga yang menjadi makanan favorit, burung ini beradaptasi dengan mengembangkan paruh khusus yang berbentuk besar, pipih dan lebar dengan ujung berkait. Selain serangga, burung ini juga memangsa tikus kecil, katak dan vertebrata kecil lainnya. Mangsa seperti ini biasanya akan dilumpuhkan dengan cara dibenturkan terlebih dahulu ke bebatuan.
Burung Paruh Katak (Frogmouth) memiliki hubungan dekat dengan burung cabak, oleh karena itu disebut juga dengan cabak. Berbeda dengan burung cabak, burung paruh katak lebih suka berada didalam hutan ketimbang menangkap serangga di daerah terbuka. Dinamakan paruh katak karena memiliki paruh yang sangat lebar. Paruh ini digunakan untuk menagkap serangga yang ada di lantai hutan. Serangga-seranggga kecil yang banyak terdapat pada serasah biasanya menjadi sasaran empuk si paruh katak ini.
Paruh Kodok terdiri dari 3 marga, yaitu: Podargus, Batrachostomus dan Rigidipenna. Beberapa jenis burung paruh kodok tergolong spesies endemik, diantaranya adalah paruh Kodok Jawa Batrachostomus javensis.


Blog, Updated at: 21:02:00