Burung Kiwi, Jenis Unggas Yang Tidak Bisa Terbang Dengan Telur Besar

Jenis Burung Kiwi Si Pemakan Cacing dan Serangga
Tubuhnya bisa tumbuh hingga seukuran ayam, dengan bobot 2-5 kg. Daerah persebaran alami spesies burung ini pun terbatas hanya di Selandia Baru. Burung ini terdapat dalam tiga spesies, Apteryx australis terdapat di tiga pulau utama Selandia Baru. Sementara Apteryx oweni dan Apteryx haasti hanya terdapat di pulau Selatan saja. Burung yang konon bisa hidup selama 20 tahun ini adalah burung yang setia kepada pasangannya.

Kiwi (Apteryx dari kata a= tidak dan ptreon= sayap) adalah spesies burung terkecil yang tak bisa terbang. Ukurannya sebesar ayam peliharaan. Seperti Paruh Kodok, Kiwi juga aktif di malam hari. Jika dibandingkan dengan proporsi tubuhnya, Kiwi menghasilkan telur dengan ukuran terbesar di dunia.


Kiwi Tokoeka (Apteryx australis) beserta telur. Sumber: Arkive
Makanan kegemarannya adalah cacing tanah, serangga tanah, buah–buahan semak, dan hewan–hewan kecil yang berbau. biasanya kiwi tinggal di dalam lubang–lubang akar pohon besar. Musim kimpoi adalah saat membuat teritori. Ukuran teritori ditentukan oleh sejauh mana suara teriakan sang pejantan masih bisa terdengar. Luasnya bervariasi, dari hanya 2 hektar hingga lebih dari 100 hektar.
Burung pemalu ini memiliki paruh panjang yang peka untuk mencari makan di malam hari. Makanannya terdiri dari cacing dan serangga tanah. Paruh Kiwi dibagian ujung dilengkapi dengan sensor pembau yang sangat sensitif untuk mendeteksi mangsa yang ada di bawah tanah hutan yang gembur atau tanah berpasir di tepi pantai.

Burung ini hanya memiliki satu pasangan selama hidupnya. Tak seperti burung-burung lain di luar Selandia Baru, yang hidup bersama hewan mamalia, burung-burung Selandia Baru mengeluarkan bau menyengat saat memproduksi lilin untuk melindungi bulu-bulu mereka. Disaat tidur kiwi gemar melipat paruh dan kepalanya kedalam, kemudian menutupinya dengan bulu–bulunya. Kalau bertamu musuh, kiwi akan menyelamatkan diri dengan berlari.


Blog, Updated at: 01:18:00