Macam-macam Jenis Bahan Pakan Ternak dari Limbah Pertanian dan Tanaman Liar

Klobot Jagung (Zea mays) : Atau disebut juga kulit pembungkus dari buah jagung, Kandungan Protein Kasar (PK) termasuk rendah hanya 5,15% dari bahan kering tetapi sebagai alternatif pakan sapi saat musim kemarau maka klobot jagung bisa dijadikan pilihan.

Klobot Jagung (Zea mays)

Jerami Kacang Tanah (Arachis hipogaea L): Kandungan Protein Kasar (PK) sekitar 8 % dari bahan kering, bukan termasuk sumber protein yang tinggi, tetapi masih bagus digunakan sebagai pakan alternatif dari limbah pertanian.

Jerami Kacang Tanah (Arachis hipogaea L)

Jerami Kacang Otok / Kacang Tunggak : Kandungan Protein Kasar (PK) lumayan tinggi sekitar 16% dari total bahan kering sehingga sangat bagus sebagai pakan ternak, terutama untuk sapi dan kambing.

Jerami Kacang Otok


Jerami Padi (Oryza sativa L) : Kandungan Protein Kasar (PK) sangat rendah dan hanya berkisar 4%, tetapi limbah pertanian ini adalah salah satu andalan peternak dalam pemenuhan pakan ternak terutama saat musim kemarau karena jumlahnya yang melimpah, mengingat padi atau beras adalah makanan pokok sebagian besar masyarakat di negara kita.

Jerami Padi (Oryza sativa L)

Kulit Coklat (Kakao) : Kandungan protein kasar pada kulit coklat lumayan tinggi. Kulit coklat memiliki kadar PK sekitar 15% sehingga bagus sebagai bahan pakan alternatif dari limbah pertanian yang bisa dimanfaatkan peternak sapi dan domba.

Kulit Coklat (Kakao)

Pucuk Tebu (Saccharum officinarum L): Untuk daerah-daerah yang dekat dengan perkebunan tebu, pucuk tebu bisa dimanfaatkan sebagai bahan pakan alternatif. Meskipun Kandungan Protein Kasar (PK) dari pucuk tebu sekitar 5.5% dan termasuk rendah tetapi sebagai cadangan pakan selama kemarau pucuk tebu layak diperhitungkan.

Pucuk Tebu


Alang-alang (Imperata cylindrical L) : Tanaman liar yang bisa tumbuh dimana-mana ini bisa dimanfaatkan sebagai bahan pakan ternak alternatif. Kandungan protein kasar (PK) dari alang-alang sekitar 7.33%. Hanya saja alang-alang ini tingkat kecernaannya sangat rendah. Bisa jadi alternatif pakan sapi saat kemarau karena alang-alang termasuk tanaman yang tahan kekeringan.

Alang-alang (Imperata cylindrical L)


Blog, Updated at: 00:27:00